Tuesday, December 16, 2014

[Teknologi Informasi] Perangkat Lunak Aplikasi/Application Software

 Perangkat Lunak Aplikasi (Application Software)


Pengertian software menurut bahasa adalah perangkat lunak yang ada pada komputer.Sedangkan pengertian software menurut istilah adalah kumpulan perintah yang digunakan di dalam komputer yang berguna untuk mempermudah hubungan komunikasi antara komputer dengan penggunanya.

Di dalam software ini terdapat bermacam-macam perintah yang sudah terprogram dan bisa digunakan oleh pengguna komputer dengan leluasa. Misalnya saja perintah save untuk menyimpan, perintah copy untuk menyalin, perintah paste untuk menempel, dan juga perintah-perintah lainnya yang berbeda antara software komputer satu dengan software komputer yang lain.

1. Jenis - jenis Software Aplikasi
A. Berdasarkan Cara Mendapatkannya
  • Perangkat Lunak Komersial (commersial software)
Perangkat lunak hak beli, karena mempunyai hak cipta. Setiap orang yang bermaksud menginstalnya harus membelinya. Jika tidak membayar berarti melakukan pembajakan. Hak cipta adalah suatu hak yang dilindungi hukum yang melarang seseorang untuk menyalin hak atas kekayaan intelektual tanpa izin pemegangnya. Perangkat lunak ini juga disertai lisensi yang melarang pembeli menyalin perangkat lunak untuk diberikan kepada orang lain ataupun untuk dijual kembali. Contohnya adalah Microsoft Office dan Adobe Photoshope.
  • Perangkat Lunak Domian-Publik 
Perangkat lunak yang mempunyai sifat gratis, karena tidak mempunyai hak cipta. Perangkat lunak seperti ini biasanya berupa kode dan banyak dijumpai diinternet
  • Shareware
Bebas digunakan untuk pengujian dan terkadang selamanya. Namun, diharapkan pemakai memberikan dana kepada pembuatnya jika pemakai bermaksud untuk menggunakannya secara terus menerus . seringkali ada hak cipta tetapi terkadang bebas untuk diberikan kepada siapa saja.

  • Freeware
Perangkat lunak yang digunakan tanpa perlu membayar sama sekali. Perangkat lunak tanpa kode sumber dan bebas digunakan oleh siapa saja tanpa perlu membayar.Ada beberapa alasan dalam pembuatan frerewareyaitu:
a.  Sebagai penarik bagi pemakai untuk membeli versi lebih lebih lanjut (dengan fitur yang lebih lengkap) yang bersifat komersil.
b.  Pembuat menginginkan tanggapan dari pemakai sehingga dia dapat mengembangkannya ke versi yang lebih bagus.
c.  Pembuat ingin menyebar luaskan karyanya supaya ia menjadi terkenal.
d. Pembuat ingin benar-benar membantu pemakai dalam melaksanakan tugas tertentu tanpa perlu membeli perangkat lunak komersil. 
  • Rental Ware
Perangkat lunak yang digunakan dengan cara menyewa, memiliki hak cipta. Sewa biasanya dilakukan per tahun.


  • Free software
Perangkat lunak yang dilengkapi dengan kode sumber, dapat digunakan oleh siapa saja dan bebas untuk dikembangkan sendiri oleh pemakai (sepanjang lisensi memperkenankannya). Untuk mendapatkannya bisa saja gratis ataupun membayar dengan harga yang relatif murah. Sebuah program disebut free sofware jika:
a.   Pemakai mempunyai kebebasan untuk menjalankan program untuk tujuan apa saja.
b.  Pemakai mempunyai kebebasan untuk mendistribusikan kembali salinan program,   baik secara gratis ataupun secara bayaran.
c.   Pemakai memiliki kebebasan untuk memodifikasi program sesuai kebutuhan. Oleh karena itu kode sumber harus tersedia.

d.  Pemakai memiliki kebebasan untuk mendistribusikan versi-versi program yang telah dimodifikasi sehingga komunitas dapat memperoleh manfaat dari pengembangan tersebut.

  • .    Open Source
Serupa dengan free software. Hanya berbeda dalam filosofi. Dikemukakan oleh Eric Raymond pada tahun 1998 dan dimaksudkan untuk menghilangkan makna ”free”pada “free software yang ambigu karena dalam bahasa inggris kata terseut memiliki arti yang bermacam-macam, yakni “free” dalam arti gratis atau kebebasan. Open source timbul dari ide bahwa seandainya setiap orang dapat berpartisipasi dalam mengembangkan suatu perangkat lunak tentu perangkat lunaktersebut akan segera berevolusi menuju ketingkat kesempurnaan


B. Berdasarkan Kegunaan

1.      Perangkat Lunak Hiburan
Mencakup program-program permainan (game), program memainkan musik (misalnya WinAmp), dan program untuk memainkan film (misalnya Xing).
a.        Aplikasi Grafis
    Pengertian Corel Draw adalah sebuah program komputer yang melakukan editing pada garis vektor. Program ini dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan software yang berkantor pusat di Ottawa, Kanada. Corel draw memiliki kegunaan untuk mengolah gambar, oleh karena itu banyak digunakan pada pekerjaan dalam bidang publikasi atau percetakan ataupun pekerjaan di bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi.
Jika berbicara masalah kegunaan Corel Draw, sebenarnya ada cukup banyak dan bahkan bisa dikatakan sangat banyak. Namun bagi para penggunanya, program Corel Draw seringkali dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan dibawah ini, yaitu:
1.    Menciptakan desain logo atau simbol, yang mana ini adalah kegunaan Corel Draw yang paling banyak dimanfaatkan oleh penggunanya, terutama pembuatan logo dua dimensi karena kemudahannya dalam mengolah garis dan warna.
2.    Membuat desain undangan, brosur dan lain-lain juga menjadi suatu kegunaan dari program Corel Draw. Media publikasi offline lainnya juga menggunakan Corel Draw sebagai alat untuk mendesain. Corel Draw memiliki banyak jenis font yang dapat memudahkan desainer untuk mengeksplorasi imajinasi desain dan tulisan yang akan dibuat.
3.    Membuat cover buku juga dapat dilakukan di Corel Draw. Dengan Corel Draw maka tugas desain akan menjadi mudah karena dapat memanfaatkan desain sampul dan teknik pewarnaan yang lebih sempurna oleh Corel Draw. Detail gambar pun akan terlihat lebih jelas.
4.    Pembuatan gambar ilustrasi juga dapat dilakukan dengan Corel Draw. Gambar yang dihasilkan lebih berkualitas, terutama ketika berhubungan dengan lengkungan, garis atau sudut. Ukuran yang diperoleh dijamin sangat akurat.
Demikian adalah beberapa contoh kegunaan Corel Draw, yang mana selain itu masih banyak kegunaan yang lain. Mungkin anda bisa menambahkan kegunaan Corel Draw yang telah anda lakukan sendiri. Yang jelas program Corel Draw ini adalah program yang sangat populer dan banyak digunakan oleh orang. Hampir semua komputer terinstall program Corel Draw.
b.    Mengenal Aplikasi Gambar
Saat ini kemajuan dibidang komputer telah meluas hingga ke dunia sekolah pendidikan dasar. Dunia komputer saat ini telah memperkenalkan sedini mungkin tentang kemampuan, bakat dan potensi dunia anak dalam berkarya dan berilustrasi menggunakan komputer
Macam-macam aplikasi pengolah gambar:
·     Microsoft Paint
Windows menyediakan fasilitas pengolahan gambar yang tersedia pada group Accessories. Fasilitas ini menyediakan sarana menggambar cukup lengkap, seperti membuat garis lurus, melengkung, lingkaran, memberi warna, dan pengeditan teks, serta proses pencetakannya. PAINT Atau lebih dikenal dengan nama sebelumnya pada Winerdahulu sebagai Paintbrush adalah program graphic painting sederhana yang terintegrasi dengan hamper seluruh versi Microsoft Windows, sejak perilisan pertamanya. Sering dirujuk sebagai MS Paint atau Microsoft Paint.Program ini dapat membuka dan menyimpan gambar dalam berbagai format, yaitu BMP, JPEG, GIF, PNG, dan TIFF. Langkah-langkah menjalankan Program Aplikasi Paint adalah :
·           Adobe Photoshop
Biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklansehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 dan versi yang terakhir (keduabelas) adalah Adobe Photoshop CS5.
c.         Aplikasi Multimedia
§         KMPlayer adalah sebuah pemutar file audio/video yang mendukung begitu banyak codec dan format file, sepertiVCD, DVD, AVI, MPEG-1/2/4, WMV, RealMedia, QuickTime dan juga beberapa format file lainnya. KMPlayer juga memungkinkan anda untuk menangkap screenshot pada video yang sedang berjalan
Tampilan KMPlayer juga menarik dan mudah untuk kita operasikan.  Pemutaran video pada KMPlayer sangat mengesankan berkat pengolahan berbagai opsi yang tersedia yang memungkinkan Anda untuk mempertajam, mengubah gambar properti, menerapkan penyaring dan beberapa fitur.
·           GOM Player (Gretech Online Movie Player
GOM Player (Gretech Online Movie Palyer) adalah  perangkat lunak (software) yang dapat melihat atau mendengarkan berkas (file) video
dan suara yang dapa diberikan efek khusus. GOM Player memiliki fitur yang dapat memberikan efek equalizer pada suara yang akan dihasilkan, efek equalizer pada suara yang disediakan perangkat lunak ini antara lain Rock, Reggae, Party, Classical, Club, Dance, Full, Bass, dan sebagainya.
GOM Player menyediakan fitur skin yang dapat diubah dalam bentuk basic atau default. Fitur yang tidak kalah canggihnya yaitu adanya fasilitas Pan & Scan, Screen Capture, Advance Capture. GOM Player dapat memutar banyak sekali jenis berkas termasuk AVI, MPEG, DivX, DAT, VOB, MP43GPRMVBFLV, danMOV. Program ini juga dapat melakukan streaming dan dilengkapi berbagai fitur yang menarik. Semua format berkas video dapat dijalankan lewat GOM Player ini. Untuk menggunakan aplikasi ini, lakukan penginstalan DirectX yang baru dan Windows Media Player.
GOM Player dapat berjalan di sistem operasi Windows MEWindows 2000Windows XP, atau Windows Vista.
d.    Game Online
Game Online adalah jenis game video atau game komputer dengan menggunakan jaringan komputer, umumnya internet, sebagai medianya. Game Online terdiri dari dua unsur utama, yaitu server dan client. Server adalah penyedia layanan gaming yang merupakan basis agar client-client yang terhubung dapat memainkan permainan dan melakukan komunikasi dengan baik.Suatu server pada prinsipnya hanya melakukan administrasi permainan dan menghubungkan client-client.Sedangkan client adalah pengguna permainan dan memakai kemampuan server. Contoh permainan online adalah, Ragnarok Online, Risk Your Life, GunBound, Rising Force Online, dan Seal Online.


2.     Perangkat Lunak Produktivitas Kerja
Berguna untuk meningkatkan produktivitas pemakai. Beberapa golongan pernagkat lunak untuk meningkatkan produktifitas kerja yaitu:
a.          Pengolah Angka
Perangkat aplikasi pengolah angka adalah program yang difungsikan untuk mengolah data berupa angka. Kemampuan aplikasi ini, antara lain: pembuatan tabel data, pengolahan data dengan melibatkan penggunaan rumus, grafik, database, dan Iain-Iain. Dalam hal ini, angka yang sering muncul di bidang bisnis, ilmiah, perencanaan, pembuatan statistik, pembuatan lembar kerja, pengelolaan angka untuk perhitungan sebuah data (basis data) dan grafik.
 Macam-macam Perangkat Lunak Pengolah Angka
·      Kspread
Kspread merupakan aplikasi pengolah angka (spreadsheet) yang bersifat open source dan multiplatform. Open Source berarti kita dapat mendownload secara gratis dari internet dan menggunakannya secara bebas.
·        StarOffice Calc
StarOffice Calc merupakan aplikasi pengolah angka yang dikembangkan oleh Sun Microsystem. StarOffice Calc adalah aplikasi pengolah angka yang bersifat multiplatform, yang berarti dapat dijalankan di berbagai sistem operasi termasuk Linux, Solaris, Unix, dan Windows
·        Open Office Calc
     OpenOffice Calc adalah aplikasi pengolah angka yang besifat open source (dapat dibuka melalui sistem operasi apa saja). Open Office Calc adalah program spreadsheet yang dapat dipergunakan untuk membuat daftar memelihara record, dan menganalisis data. Open Office Calc dapat digunakan untuk mengelola data dalam bentuk spreadsheet, menggunakan rumus untuk melakukan perhitungan data, dan menampilkan hasil dalam bentuk grafik. Dokumen Open Office Calc disebut spreadsheet. Pada saat membuka spreadsheet baru akan disediakan 3 sheets, yaitu Sheetl, Sheet2, Sheet3, dan kita dapat menambah atau mengurangi sheet yang ada. Model tampilan OpenOffice Calc hampir mirip dengan prograr Microsoft Excel.
·        GNOME Office – Gnumeric
Gnumeric adalah aplikasi pengolah angka yang merupakan keluarga dari GNOME Office. Gnumeric bersifat open source. Gnumeric memiliki tampilan yang user friendly di mana jendela Gnumeric dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar.
·      Abacus
   Abacus adalah aplikasi pengolah angka yang hanya membutuhkan memori kecil dan sangat mudah digunakan. Awalnya Abacus dikembangkan sebaggai proyek mahasiswa di Universitas IST, Portugal di bawah bimbingan Prof. Arlindo Oliveira.
·      XESS
   XESS adalah aplikasi pengolah angka yang dibuat oleh AIS (Applied Information System) dan dapat dijalankan dikomputer dengan sistem UNIX, Linux, Open VMS dan Windows.


a.     Pengolah Kata
·       AbiWord
AbiWord adalah perangkat lunak bebas pengolah kata (‘word-prosesor’) yang mirip dengan Microsoft Word. Ia sangat cocok digunakan untuk melakukan tugas-tugas pemrosesan kata. Program yang diklaim ringan ini pertama kali dikembangkan oleh Abisource.inc sebelum kemudian diintegrasikan kedalam GNOME Office. Ia mampu membaca format dokumen .doc, .sxw, dan beragam format dokumen umum lainnya.
·        KWord
 KWord adalah aplikasi pengolah kata, bagian dari proyek KOffice dari lingkungan desktop KDE. Meski ada kemiripan nama, KWord bukanlah semata-mata jiplakan dari Microsoft Word. Walaupun diharapkan fitur-fitur utama Word akan didukung oleh KWord, dalam beberapa hal penting terdapat perbedaan antara keduanya. Skema tata letak teks pada KWord mengikuti konsep frame, seperti halnya Adobe PageMaker. Frame dapat diletakkan di mana saja dalam sebuah halaman, dan mencakup teks, grafik, dan objek. Setiap halaman baru pada dasarnya adalah sebuah frame, teks dapat mengalir dalam frame ini karena kemampuan KWord untuk mengaitkan satu frame dengan yang lain. Pemanfaatan frame memungkinan kemudahan penataan teks dan grafik yang rumit sekalipun.
·        OpenOffice
 OpenOffice.org Writer adalah salah satu komponen dalam OpenOffice.org yang berfungsi untuk mengedit dokumen adapun dokumen format yang bisa digunakan adalah .doc .odt .rtf dan bisa export ke .pdf. Memiliki fitur pengolah kata modern seperti AutoCorrect, AutoComplete, AutoFormat, Styles and Formatting, Text Frames dan Linking, Tables of Contents, Indexing, Bibliographical References, Illustrations, Tables. Program ini sangat mudah digunakan untuk membuat memo cepat, sangat stabil dan mampu untuk membuat dokumen dengan banyak halaman serta banyak gambar dan judul heading.
·        Microsoft Word
 Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2007
·        WordStar
 WordStar adalah sebuah aplikasi pengolah kata, dipublikasikan oleh MicroPro International, pertama kali dibuat untuk sistem operasi CP/M dan kemudian di tulis ulang untuk platform DOS, sempat mendominasi pasar pada era 1980an. Meskipun Seymour I. Rubinstein adalah pemilik perusahaan, Rob Barnaby merupakan pencipta versi-versi awal dari program; dimulai sejak WordStar 4.0, program dibuat berdasarkan kode yang ditulis oleh Peter Mierau.
·        Lotus Word Pro
 Adalah aplikasi pengolah kata yang dikeluarkan oleh IBM.
Kelebihan :
Ø Kemampuan untuk mempertukarkan file dokumen dengan Microsoft word.
Ø Dilengkapi fitur-fitur baruyang memungkinkan peningkatan produktifitas penggunanya
Ø Dapat mendikte secara langsung teks-teks yang ingin diketik
Ø Dapat langsung terhubung dengan internet
       Corel WordPerfect
 Merupakan program aplikasi pengolah kata yang dapat dijalankan di computer dengan system operasi windows.
Kelebihan :
Ø Dilengkapi kemampuan untuk membaca file dari Microsoft Office.
Ø Harga yang ditawarkan setengah dari Microsoft word
       StarOffice Writer
  Adalah aplikasi pengolah kata yang bersifat multiplatform artinya dapat dijalankan di berbagai system operasi termasuk Linux, Solaris dan Windows.
Kelebihan :
Ø Mempunyai banyak contoh memo, faks surat, resume dan dokumen untuk mempermudah pekerjaan
Ø Harga yang murah serta mudah dalam penggunaannya
       Microsoft Word
   Sering disebut juga Ms Word atau word saja dikeluarkan oleh perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia yaitu Microsoft Corp..
Kelebihan :
Ø Kemampuan untuk menyisipkan objek-objek dari aplikasi lain seperti Excel, Power Point, Corel Draw, dan sebagainya.
Kelemahan :
Ø Harganya sangat mahal dibandingkan dengan yang lainnya.
   Fungsi :
1.  Program pengolah kata memiliki sejumlah karakter huruf yang dapat diubah – ubah oleh pengguna sesuai dengan keinginannya
2.  Program pengolah kata dapat melakukan editing tanpa harus membuat dokumen baru
3.  Program pengolah kata dapat melakukan pekerjaan menyisipkan gambar dll
c.       Aplikasi Internet
Internet Explorer, Mozilla Firefox, dan Opera yang semuanya berfungsi untuk menjelajah internet atau browsing.
·                  Mozilla Firefox
 adalah sebuah aplikasi untuk browsing yang sangat populer, dibuat oleh mozilla corporation. Firefox adalah salah satu web browser open source yang dibangun dengan Gecko layout engine. Tak hanya handal firefox juga didukung oleh sejumlah Add-ons yang dapat diinstall terpisah yang memungkinkan pengguna melakukan sesuai dengan kegunaan Add-ons tersebut. Jika anda memerlukan aplikasi browsing yang  ngacir dan teruji keamanannya saat travellingdi internet, Software ini wajib di coba dan dijadikan aplikasi browsingutama. Software ini mampu melindungi PC / Laptop kita dari virus, worm, trojan horse dan spyware. Bukan menghapus, jangan salah arti. Maksudnya, jika tanpa sengaja mengakses situs yang berbahaya, Kita akan menerima pesan peringatan bahwa situs tersebut berbahaya untuk dibuka.
·                 Yahoo Messenger (sering disingkat “Y!M” atau “YM”
merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo. Yahoo Messenger tersedia secara gratis dan dapat diunduh serta diakses menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo yang lainnya, seperti Yahoo! Mail.Penggunaan ID ini juga mengakibatkan pengguna dapat langsung diberitahu bila mendapat sebuah e-mail.
Yahoo telah mengumumkan kerjasama dengan Microsoft untuk bergabung dalam jaringan instant messenger.Hal ini mengakibatkan Yahoo! Messenger dapat berhubungan dengan layanan .NET Messenger milik Microsoft.Layanan ini mulai berfungsi sejak 13 Juli 2006.
·      Opera 
adalah peramban webdan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet sepertiperamban web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas diOsloNorwegia. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Microsoft WindowsMac OS XSolaris,FreeBSD dan Linux.
·        Ms Outlook 
adalah sebuah aplikasi pengelolaan klien email dan workgroup yang dikeluarkan oleh Microsoft, salah satu perusahaan software terbesar pimpinan Bill Gates. Aplikasi Outlook ini membantu kita dalam pengelolaan email yang tentunya lebih praktis dibandingkan dengan menggunakan internet. Biasanya MS Outlook menjadi paket dalam MS Office, sehingga untuk menginstallnya dapat dilakukan bersama-sama dengan MS Office.
·        Google chrome 
adalah sistem operasi sumber terbuka yang dirancang oleh Google Inc.  untuk bekerja secara eksklusif dengan aplikasi web.  Google Chrome OS diumumkan pada tanggal 7 Juli 2009, dan versi stabilnya akan diluncurkan umum pada paruh kedua tahun 2010.  Sistem operasi ini berbasis Linux dan hanya akan berjalan pada pada perangkat keras yang dirancang khusus.  Antarmuka  penggunanya dirancang mengambil pendekatan minimalis, seperti penjelajah web Google Chrome. Sistem operasi ini ditujukan bagi mereka yang menghabiskan sebagian besar waktunya di Internet.
3.             Perangkat Lunak Penunjang Kinerja Komputer
a.      Anti Virus
·      Smad-Turbo adalah salah satu fitur scanning antivirus tercepat di dunia yang hanya dimiliki Smadav Pro. Jika dengan Smadav Free Anda memerlukan waktu 20 menit untuk scanning seluruh isi file komputer, dengan menggunakan fitur ini Anda hanya perlu waktu kira-kira 1-2 menit untuk melakukan scanning seluruh isi file di komputer Anda. Jadi, Scanning Smadav Pro 10x lebih cepat daripada Smadav Free.
·      Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (background) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan).
Antivirus - antivirus terbaru sekarang tidak hanya mendeteksi virus. Program antivirus sekarang juga telah dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi spyware, rootkits, dan malware - malware lainnya. Tidak hanya itu, antivirus sekarang dilengkapi firewall untuk melindungi komputer dari serangan hacker dan anti spam untuk mencegah masuknya email sampah dan/atau virus ke inbox pengguna.


Kesimpulan
            Perangkat Lunak adalah aplikasi yang memudahkan pekerjaan pada komputer, yang mana salah satu macam nya yaitu software aplikasi. Software aplikasi adalah perangkat lunak pada komputer yang memudahkan pekerjaan manusia, baik dari segi hiburan maupun pekerjaan.
Software aplikasi juga memudahkan kinerja komputer salah satunya yaitu adanya Anti Virus.
Dari sekian banyak materi pada software aplikasi, membuat para pengguna menjadi beruntung dan memudahkan pekerjaan sehingga aplikasi banyak dipakai dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari.


Daftar Pustaka
Kadir, Abdul.2013.Pengantar Teknologi Informasi.Yogyakarta:Andi offset
Hariyanto, Bambang.2008.Dasar Informatika dan Komputer.Yogyakarta:Garaha Ilmu

0 komentar:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com