Monday, May 16, 2016

[Teknologi Informasi] Hal yang Harus Dilakukan Setelah Melakukan Install Ulang Windows

Mungkin kalian pernah bingung dan mungkin juga bertanya tanya pada diri sendiri, hal apa sih yang harus dilakukan setelah melakukan install ulang windows pada PC atau Laptop? apakah setelah melakukan install ulang masih ada hal lain lagi yang harus di lakukan?
Nah di postingan saya kali ini saya akan memberikan sedikit jawaban dari pertanyaan kalian semua berdasarkan pengalaman saya.
Sebenarnya jika kita melakukan install ulang windows baik PC ataupun Laptop di tempat service komputer kita tidak perlu lagi untuk melakukan hal apapun juga pada PC atau Laptop kita. Karena setiap tempat service komputer pasti menginstall windows sekaligus menginstall aplikasi standar untuk kebutuhan sehari hari.
Bagaimana jika kita melakukan install ulang windows pada PC atau Laptop kita sendiri? apa yang harus kita lakukan setelah menginstall windows?

Ada beberapa hal yang harus kita lakukan setelah melakukan install ulang windows.
Pertama, Kita wajib menginstall Driver pada PC atau Laptop kita. Bagaimana kita bisa mendapatkan driver yang cocok dengan PC atau Laptop kita dan bagai mana cara menginstallnya?

Ada 3 cara untuk mendapatkan Driver PC maupun Laptop.
Cara ke 1 kalian bisa mendapatkan driver tersebut melalui cd driver yang biasanya disertakan pada pembelian PC atau Laptop kalian. Jika tidak mendapatkan CD Driver untuk PC dan Laptop kalian, masih ada cara ke 2 yaitu dengan membeli CD Driver Pack. CD ini sangat mudah di cari, kalian bisa membelinya di toko komputer terdekat. Cara ke 3 kalian bisa mendownload driver di website. Saat ini banyak website yang menyediakan Driver untuk PC dan Laptop kalian.

Lalu bagaimana cara menginstall Driver tersebut?
Jika kalian memiliki CD driver bawaan atau CD Driver Pack yang telah kalian beli di toko komputer, hal pertama yang kalian lakukan adalah memasukan CD tersebut ke dalam CD-ROM. Biasanya setelah CD Driver di masukan kedalam CD-ROM maka otomatis panduan instalasi driver akan muncul dan kita hanya perlu klik pada pilihan "Install". Secara otomatis aplikasi tersebut akan menginstall Driver sesuai dengan spesifikasi PC atau Laptop kalian.
Jika kalian tidak memiliki CD Driver tetapi memiliki Driver yang kalian Download dari website, cara mengistallnya adalah dengan cara klik dua kali pada "setup.exe" maka setelah itu akan keluar dialog pada layar. kalian hanya perlu klik install saja (biasanya sih kaya gitu :D). Setelah itu driver akan otomatis terinstall.

sekarang masuk ke hal ke dua yang harus kita lakukan setelah install ulang windows.
Yaitu melakukan defragmenting dan cleanup disk pada Harddisk. Bagaimana caranya?
untuk melakukan defragmenting harddisk yaitu dengan cara klik kanan pada local disk C: kemudian klik Properties. Pada tab Tools klik pilihan "Defragment now". setalah itu klik pada Disk yang akan kalian defragmenting, maka hal selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah klik pilihan "analyze disk" dan tunggu hingga 100% kemudian dilanjut dengan klik "Defragment disk" tunggu proses hingga selesai. Cepat atau lambatnya proses defragmenting tergantung dari banyaknya file yang harus di defragmenting.
Untuk melakukan cleanup disk yaitu dengan cara klik kanan pada Local Disk C: lalu klik pada properties, kemudian pada tab General kalian klik pilihan "Disk Cleanup". nanti akan terlihat di layar file apa saja yang bisa di bersikan. Centang file file yang akan kalian bersihkan, kamudian setelan kalian pilih file yang akan di bersihkan klik "OK" dan tunggu hingga proses selesai.

Sebenarnya masih ada hal lain yang harus di lakukan setelah melakukan install ulang windows, termasuk tips cara membuat windows lebih responsif dan lebih cepat. Tapi saya akan menjelaskan itu di artikel selanjutnya. So, tunggu kelanjutan dari artikel saya tentang "Hal yang Harus Dilakukan Setelah Melakukan Install Ulang Windows"  :)
Mohon maaf jika artikelnya berantakan :D karena saya masih baru di dunia blog :$
Sampai bertemu di Artikel selanjutnya!

0 komentar:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com