Wednesday, May 25, 2016

[Teknologi Informasi] Sejarah Java

Java lahir dari sebuah green project yang berjalan selama 18 bulan yaitu pada awal 1991 sampai musim panas 1992. proyek yang dimotori oleh Patrick Naugton, Bill Joy, James Gosling dan sembilan pemrograman lainnya dari tim Sun Microsystem yang pada awalnya membuat bahas pemrograman kecil yang akan diterapkan pada peralatan elektronik. Bahasa pemrograman ini kemudian diberi nama Oak yang merupakan nama salah satu jenis pohon yang tumbuh di luar jendela pemimpin proyek tersebut.

Bahas pemrograman Oak merupakan modifikasi dari C++ tetapi lebih mudah beradaptasi pada berbagai sitem operasi dan platform, seperti yang telah dibuktikan oleh pengembang C++ bahasa pemrograman baru ini lebih kuat tetapi telah memasukan banyak fitur yang dimiliki C++. Bahasa Oak berganti nama menjadi java setelah bergantinya cara pelayanan konsumen peralatan elektronik dari pelayanan manual ke pelayanan online kemudian tim Sun Microsystem mengganti bahasa pemrograman desktop menjad web browser. Web browser yang dirilis pada maret 1995 ini diberi nama HotJava karena nama Oak sudah di gunakan untuk merek dagang perangkat lunak yang telah dikembangkan terlebih daulu. Maka, nama HotJava-lah yang di gunakan untuk versi rilis perangkat lunak buatan Sun Microsystem yang berjalan pada web,. Nama ini di ambil dari nama kopi murni yang digiling langsung (kopi tubruk) kesukan James Gosling

Java mempunyai tiga komponen yang sangat penting, yaitu:
  • The Java Programming Language adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk menulis kode program dalam platform java.
  • The Java Platform adalah lingkungan yang di gunakan untuk menjalankan kode program yang telah di tulis pada bahasa pemrograman java.
  • The Java Application Program Interface adalah suatu kumpulan kelas - kelas dalam java  yang digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak berbasis GUI, penyimpanan data, pengolahan data, serta pemrograman jaringan.
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca. Jangan lupa komen dan sering sering mampir ke blog ini ya.
Baca artikel lainnya di wnndesign21

0 komentar:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com