Wednesday, May 25, 2016

[Teknologi Informasi] Sejarah Internet, WWW dan Bagaimana WWW Bekerja

Internet adalah jaringan global yang menghubungkan komputer komputer di seluruh dunia. Dengan internet, sebuah komputer bissa mengakses data yang terdapat pada komputer lain di benua yang berbeda. Dengan internet, sebuah toko online bisa tetap terbuaka selama 24 jam  sehari dan 7 hari seminggu tanpa henti. Dengan internet, kejadian penting yang terjadi di suatu negara bisa segara diketahui oleh orang lain di negara yang berbeda.

Jika menilik sejarahnya, Internet dan jaringan komputer adalah hasil evolusi dari ARPANET, sebuah proyek riset tingkat tinggi yang dimiliki oleh Departemen Perhanan Amerika Serikat. DARPA mensponsori perkembangan jaringan yang menggunakan Internet Protocol (IP), Transmission Control Protocol (TCP), dan User Datagram Protocol (UDP).

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk suatu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan  pada bulan oktober 1972.

Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehinga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh karena itu ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas - universitas. gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Pada tahun 1982 istilah "Internet" pertama kali digunakan, dan TCP/IP diadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut. Pada tahun 1986 diperkenalkan sistem nama domain, yang sekarang di kenal dengan DNS (Domain Name System) yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer. Singkatnya begini, komputer hanya mengenali IP Address. Dengan DNS anda cukup mengingat www.google.com karena DNS nanti yang akan menerjemahkan menjadi 173.194.38.165 dan kemudian diakses oleh komputer kita.
 
Mari kita mengetahui tentang World Wide Web
World Wide Web (WWW) adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Enquire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan yang menautkan berbagai arsip sehingga memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kelak menjadi dasar dari sebuah perkembangan pesat yang dikenal sebagai WWW.

Lalu Bagaimana WWW bekerja?
WWW bekerja berdasarkan pada 3 mekanisme berikut:
  • Informasi disimpan di dalam dokumen yang sering kita sebut halam web
  • Halaman web adalah file-file yang disimpan dalam komputer, komputer tersebut di kenal dengan istilah web server
  • komputeryang mengakses isi dari halaman web disebut dengan web client 
  • Web client menampilkan halaman web dengan program yang dikenal dengan nama Web browser seperti Chrome, Firefox dan Internet Explorer

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca. Jangan lupa komen dan sering sering mampir ke blog ini ya.
Baca artikel lainnya di wnndesign21

2 comments:

  1. Mampir gan ke gubug ane
    www.djitucooltourism.blogspot.co.id

    ReplyDelete

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com