Tuesday, May 17, 2016

[Teknologi Informasi] Perangkat Lunak

1. PERAN PERANGKAT LUNAK     Komputer hanyalah sekedar mesin yang tidak dapat melakukan tugas yang dikehendaki pemakai sekiranya tidak di dukung oleh perangkat lunak(Software). Sebagai contoh, kalian tidak akan bisa bermain game balap mobil jika kalian tidak menginstal perangkat lunak (software) game balap mobil pada komputer kalian.
perangkat lunak sesungguhnya adalah sebuah program. sebagaimana yang telah kalian ketahui, program adalah deretean intruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga komputer dapat melakukan tindakan yang kita kehendaki.Program umumnya di buat oleh vendor perangkat lunak (misalnya microsoft) ataupun perseorangan. Tentu saja, jika kalian bisa menguasai salah satu bahasa pemrograman, kalian juga bisa membuat program yang kalian inginkan.

2. PENGELOMPOKAN PERANGKAT LUNAK      Berdasarkan fungsinya, perangkat lunak dapat di bagi menjadi dua golongan, yaitu perangkat lunak aplikasi dan perangkat lunak sistem.
  • Perangkat lunak aplikasi (application software) adalah program yang biasa dipakai untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik, misalnya untuk membuat dokumen, editing foto, membuat laporan keuangan dan lain-lain.
  • Perangkat lunak sistem (system software, kadangkala disebut perangkat lunak pendukung atau support software) adalah program yang di gunakan untuk mengontrol sumber daya komputer, seperti CPU dan peranti input/output. kedudukan program ini adalah sebagi perantara antara program aplikasi dan  perangkat keras komputer.contoh perangkat lunak sistem yaitu sistem operasi (misalnya windows dan linux)

kalian penasaran apa itu perangkat lunak sistem? :D saya akan bahas pada artikel selanjutnya. So, tungguin ya guys :D

0 komentar:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com